Dari Kari Kerang Hingga Ikan Panggang: Empat Resep Makanan Laut Sederhana

Kerang dan ketumbar kari

Persiapan 10 mnt
Masak 25 menit
Untuk 4 porsi

1 kg kerang
500g kerang – palourde atau selancar, idealnya
300ml santan
2 daun bawang, iris halus
1 sedikit kacang panggang dan remuk

Untuk pasta kari
1 sdm mentega asin
1 bawang putih, kupas dan cincang kasar
2 siung bawang putih, kupas dan cincang kasar
1 cabai mata burung, dicincang kasar
½ sdt biji jintan
½ sdt biji ketumbar
¼ sdt cengkeh utuh
¼ sdt kayu manis tanah
Jus ½ lemon
1 ketumbar banyak sedang
1 sejumput garam
3 sdm minyak zaitun extra virgin

Lepaskan jenggot dari kerang, dan cuci kerang dan kerang dengan saksama di bawah air mengalir yang dingin, buang semua dengan kerang yang rusak atau terbuka.

Untuk pasta kari, cairkan mentega dalam wajan dengan api sedang, lalu tambahkan bawang merah, bawang putih dan cabai, dan goreng selama lima menit, sampai lunak.

Dalam wajan terpisah, keringkan dengan lembut biji jintan, biji ketumbar, dan cengkeh untuk melepaskan aroma mereka. Transfer ke food processor dengan campuran bawang yang dilunakkan dan sisa bahan pasta dan blender halus; jika agak tebal, tambahkan sedikit minyak untuk melonggarkan.

Dalam panci besar yang Anda punya penutupnya, goreng pasta dengan api sedang selama satu menit, lalu tambahkan santan dan aduk rata dengan pasta. Setelah saus kari mulai mendidih, tambahkan kerang dan kerang, tutup panci dan masak sampai semua kerang terbuka – sekitar tiga atau empat menit. Buang sembarang kulit yang belum dibuka.

Tuang kari ke dalam mangkuk saji besar, taburkan di atas daun bawang yang diiris dan kacang yang dihancurkan, dan sajikan dengan nasi putih atau roti kering.

 

Hake dengan zaitun, cabai dan lemon yang diawetkan

Persiapan 10 mnt
Masak 30 menit
Untuk 4 porsi

Minyak zaitun extra-virgin
1 bawang merah kecil, kupas dan iris halus
1 bola adas, dipotong dan dipotong kasar
4 siung bawang putih, kupas dan iris halus
1 cabai merah, iris halus
100g zaitun hijau diadu
12 tomat ceri, dibelah dua
1 lemon kecil yang diawetkan, dipotong kasar
4 x 200g potong fillet
4 sdt cuka anggur putih
1 oregano segar cincang kecil
Garam dan lada hitam
1 genggam daun peterseli cincang

Panaskan oven hingga 180C (kipas 160C) / 350F / gas 4. Gunting empat kuarsa kertas roti 30cm dan empat kuadrat aluminium foil 30cm, kemudian letakkan persegi kertas roti di atas setiap persegi foil.

Panaskan gerimis minyak zaitun dalam wajan, lalu goreng bawang, adas, bawang putih dan cabai dengan api sedang sampai lunak – sekitar lima menit. Bagilah campuran di antara lembaran kertas roti, bersama dengan zaitun, tomat dan lemon yang diawetkan. Letakkan fillet hake di atas setiap bagian, gerimis dengan minyak dan cuka, lalu taburi dengan oregano, dan bumbui secukupnya.

Lipat kertas roti dan lipat di atas ikan untuk melampirkannya, lalu lipat di setiap sisi yang terbuka untuk menutup semua tepi – pastikan bungkusannya tidak terlalu kencang dan ada ruang di dalamnya sehingga bahan-bahannya bisa dikukus.

Letakkan parsel di atas loyang atau baki besar, dan panggang selama 15 menit. Angkat dari oven, letakkan setiap paket di piring, lalu buka dan taburi dengan peterseli cincang di meja. Sajikan dengan minyak zaitun.

Plaice, sayuran akar panggang dan salsa verde

Persiapan 15-20 mnt
Masak 1 jam 15 menit
Untuk 4 porsi

½ Swedia, kupas
2 wortel, kupas
2 parsnip, kupas
1 bit mentah, dikupas
1 bawang putih besar, dikupas dan diiris
5 siung bawang putih, kupas dan iris halus
Garam dan merica

750g artichoke jerusalem
Minyak zaitun extra-virgin
300ml kaldu ayam
100g mentega tawar
1 plak besar, sekitar 1kg (turbot, brill atau sol juga akan bekerja dengan baik)

Untuk salsa verde
1 peterseli kecil, dipetik
1 basil sekelompok kecil, dipetik
4 fillet teri asin atau diasinkan (dan dikeringkan)
1 gherkin besar
2 sdm caper
2 sdm cuka anggur putih
Minyak zaitun extra-virgin

Panaskan oven hingga 180C (kipas 160C) / 350F / gas 4. Potong swedia, wortel, parsnip, dan bit menjadi potongan yang rata dan masukkan ke dalam baki pemanggang yang cukup besar agar sesuai dengan plak. Tambahkan bawang iris dan bawang putih ke baki, bumbui dengan ringan, lalu aduk semuanya dengan tangan Anda.

Potong artichoke jerusalem menjadi cakram tipis dan letakkan di atas sayuran. Tuang kaldu ayam di atasnya dan bumbui sedikit lagi. Potong mentega, oleskan merata di atas artichoke jerusalem, lalu panggang sayuran selama 35 menit.

Sementara sayuran dipanggang, potong kasar peterseli, kemangi, teri, gherkin dan caper, dan tambahkan ke mangkuk dengan cuka dan minyak zaitun yang cukup untuk melonggarkan saus.

Potong sirip dari ikan dan skor sisi atas. Angkat sayuran panggang dari oven, letakkan ikan di atasnya, gerimis dengan sedikit minyak zaitun, bumbui dan kembalikan baki ke oven selama 30 menit.

Untuk menghidangkan, bagi ikan dan sayuran, dan sajikan di atas salsa verde secukupnya.

Makarel dibumbui dan kubis hispi

Persiapan 5 mnt
Masak 15 menit
Untuk 4 porsi

1 kubis hispi kecil
4 ikan kembung kecil, dibersihkan
6 sdm minyak zaitun extra virgin, plus ekstra untuk gerimis
Garam dan merica
4 siung bawang putih, kupas
1 sdt biji jintan
1 sdt biji adas
2 batang timi segar
Jus 1 lemon

Potong kol menjadi empat irisan. Gerimis ikan kembung dengan sedikit minyak dan bumbui di kedua sisi.

Bawa wajan yang cukup besar untuk menampung ikan tenggiri dan kubis dalam satu lapisan hingga panas sedang, kemudian tambahkan minyak, bawang putih dan rempah-rempah, dan goreng sampai bawang putih mulai berubah menjadi emas. Tambahkan setangkai thyme, lalu masukkan ke dalam makarel dan kubis rata di wajan, dan kecokelatan di kedua sisi.

Tambahkan sedikit lebih banyak garam dan lada, diikuti dengan jus lemon, tutup dengan tutup yang pas dan putar panasnya menjadi rendah (jika Anda tidak memiliki tutup yang cukup besar, gunakan kertas timah). Ikan harus dimasak setelah 10 menit – untuk memeriksa, angkat perut: jika rongga masih berwarna merah muda, masak sedikit lebih lama.

Setelah matang, pindahkan ikan tenggiri dan kubis ke piring-piring, tuangkan di atas jus masak dan sajikan.

Leave a Reply