Resep Musim Dingin Nigel Slater Yang Segar Dan Masam

Baik rebusan hidangan laut yang menenangkan atau nasi yang harum untuk menemani hidangan utama, berikan hidangan musim dingin yang unggul dengan kulit jeruk dan asam.

Pagi musim dingin di dapur dan saya menyiapkan kulit lemon untuk melipat pot nasi hangat. Sudah ada merica yang disiram melalui nasi, beberapa daun jeruk nipis, dilumatkan untuk melepaskan minyaknya, dan kemudian, tepat ketika sampai di meja, akan ada bintik-bintik kulit jeruk. Beras telah duduk di bawah tutupnya yang rapat selama 10 menit, beristirahat, sebelum saya menjalankan bumbu terakhir melalui butiran lembut dengan tusuk garpu dapur.

Tidak ada sarapan musim dingin di bumi yang saya nikmati lebih dari nasi hangat dan sup miso. Mendapatkan mangkuk di atas meja hanya sedikit lebih banyak masalah daripada mengaduk sepanci bubur, tetapi itu masih sarapan saya terbatas pada akhir pekan, ketika jam-jam pertama hari itu bergerak dengan kecepatan yang berbeda. Nasi yang tenang, nada jeruk menyegarkan. Inilah yang saya sebut diet seimbang.

Catatan asam, tajam, dan jeruk adalah ciri khas dapur ini. Blackcurrant, gooseberry dan limes di musim panas. Rhubarb, yuzu, lemon dan asam di musim dingin. Jepitan daun jeruk nipis membuat semangkuk sup hidup. Perasan pasta asam coklat mengkilap akan mencerahkan rasa rebusan atau kari lebih halus daripada percikan lemon, jeruk nipis atau cuka sari apel dan mereka semua memiliki tempat di dapur saya. Jawaban untuk pertanyaan kuno “apa yang selalu Anda miliki di lemari es Anda” selalu merupakan sesuatu yang tajam dan masam. Sesuatu untuk menambah keunggulan pada makan malam saya.
Sup ikan-rebus dengan kerang, asam dan santan

Saya suka saat itu ketika bawang telah melunak, pasta cabai, bawang putih, kunyit dan jahe telah diaduk dan tomat baru mulai memberikan jus mereka. Kemudian Anda mengaduk santan ke dalam bumbu merah tua dan warnanya perlahan berubah menjadi aprikot oranye lembut. Anda membutuhkan ikan putih yang keras untuk duduk bersama kerang dan udang. Seharusnya ada sesuatu yang cocok dan berkelanjutan di lempengan penjual ikan Anda.
Untuk 3-4 porsi, dengan nasi putih

bawang 2, sedang
minyak kacang tanah 3 sdm
daun kari 12
tomat 600g
santan 1 x 400ml kaleng
tamarind paste 2-4 sdt
ikan putih kencang 500g (berat siap)
kerang 500g, berukuran sedang
udang galah, 250 g, besar, mentah, empuk

Untuk tempel:
cabe 2, kecil dan panas, seperti mata burung
jahe 50g
bawang putih 4 siung
minyak kacang tanah 2 sdm
kunyit darat 1 sdt

Menyelesaikan:
ketumbar meninggalkan sedikit

Kupas dan potong kasar bawang. Panaskan minyak kacang tanah dalam casserole besar dan dalam dengan api kecil hingga sedang, aduk bawang dan daun kari. Biarkan bawang matang selama 15 menit sampai lunak, emas pucat, dan tembus cahaya. Aduk yang teratur akan membantu mereka memasak secara merata dan mencegahnya lengket.

Buat pasta menggunakan alu dan mortar atau food processor. Saya cenderung menggunakan yang terakhir. Potong cabai, kupas dan potong kasar jahe dan kupas bawang putih, lalu campur menjadi pasta dengan minyak dan kunyit. Aduk pasta ke dalam bawang yang melunak dan mendesis selama satu atau dua menit, lalu potong kasar dan aduk tomat. Lanjutkan memasak selama 8-10 menit, biarkan sebagian besar jus menguap dan diaduk secara teratur, kemudian tuangkan dalam santan dan campur dalam pasta asam dan garam secukupnya.

Potong ikan putih menjadi potongan besar, masing-masing beratnya sekitar 40g, lalu turunkan ke dalam saus dan masak selama 4-5 menit. Kemudian, saat ikan mengeras, tambahkan kerang dan udang yang sudah dicuci, tutup rapat dengan penutup dan nyalakan api. Lanjutkan memasak selama 3 menit atau sampai kerang telah terbuka dan udang telah berubah dari abu-abu menjadi merah muda.

Robek daun ketumbar dan aduk, periksa bumbu dan sajikan dengan nasi putih.

 

Leave a Reply